Sejarah

Pendirian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samudra merupakan satu kesatuan dengan pendirian Universitas Samudra. Pendirian ini berawal dari sebuah universitas swasta yang berada di Kota Langsa di bawah Yayasan Pendidikan Samudra. Fakultas Keguruan Persiapan Negeri didirikan dengan membuka dua jurusan, jurusan Civics Hukum dan Bahasa Inggris. Sebagai fakultas baru, persiapan pemenuhan syarat kelembagaan dilakukan secara optimal dengan harapan dapat terafiliasi dengan Fakultas Keguruan Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh. Meskipun perkembangan lembaga sudah menunjukkan kemajuan sesuai dengan penilaian team evaluasi Unsyiah, namun proses afiliasi yang diharapkan tidak mendapat persetujuan Rektor Universitas Syiah Kuala yang baru.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan didirikan kembali pada tahun 1984. Pendirian ini mendapatkan persetujuan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0477/0/1985 tanggal 22 Oktober 1985. Sejak itu, FKIP Unsam Langsa resmi menjalankan semua unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat yang secara operasional dilaksanakan oleh dua Program Studi yaitu Program Studi Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Biologi. Pada tahun 1990/1992, FKIP Unsam menambah satu Program Studi yaitu Bahasa Inggris.

Dalam perjalanannya, status FKIP Universitas Samudra bersama 4 fakultas lainnya akhirnya berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada bulan Mei 2013 berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2013 tentang Pendirian Universitas Samudra yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 4 Juni 2013.

Seiring perkembangan Universitas Samudra, pada tanggal 16 Oktober 2014, FKIP Unsam diizinkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menambah tujuh program studi baru, yaitu Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Lalu pada tahun 2015, ke-10 program studi menerima mahasiswa baru melalui jalur seleksi SBMPTN dan UMB-PT. Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru mengalami peningkatan pada 2016 yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN.